Senin, 25 April 2011

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP Pengertian Pandangan Hidup
Semua manusia mempunyai hak untuk menentukan masa depannya sendiri, setiap manusia juga mempunyai pendapat atau pertimbangan yang dijadikan, pedoman, arahan, atau petunjuk di dunia.Dengan demikian pandangan hidup bukan timbul dalam waktu yang singkat, melainkan melalui proses waktu yang lama.
Beberapa jenis dari pandangan hidup :
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
2. Pandangan hidup yang berupa ideolaogi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
3. Pandnagan hidup hasil hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.
 Cita – cita
Yaitu keinginan, harapan, tujuan, yang selalu ada dalam pikiran, berarti cita – cita merupakan semacam garis linier yang makin lama makin tinggi, dengan perkataan lain : cita – cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.
Faktor – Faktor yang dapat mempengaruhi cita – cita :
a. Faktor manusia yang mempunyai kemauan untuk mencapai cita – cita
b. Faktor kondisi, berbagai situasi kondisi ternyata sangat berpengaruh terhadap cita – cita itu sendiri:
Misalkan cita –cita ingin menjadi atlit lari tetapi ditengah – tengah perjalanan ia mendapat musibah, sehingga kedua kakinya harus diamputasi maka cita – cita awal ingin menjadi atlit lari pupus sudah.
c. Faktor seberapa tinggi cita – cita tersebut 
 Kebajikan
Kebajikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral.
Sebagai makhluk pribadi, manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk. Baik dan Buruk ditentukan oleh suara hati. Suara Hati adalah semacam bisikan didalam hati yang mendesak seseorang, untuk menimbang dan menentukan baik buruknya suatu perbuatan, tindakan atau tingkah laku.
 Etika
Etika adalah cara atau aturan – aturan yang secara tidak langsung dibukukan atau ditulis secara resmi tetapi lebih kepada aplikasi dari cara hidup masing – masing manusisa, karena itu berbeda daerah berbeeda pula etika yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar