Kamis, 30 September 2010

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DIRI MANUSIA

Apa yang terlintas di benak lw ketika mendengar kata “MANUSIA” ???.
Pastilah lw kenal kan?,pastilah!!, terbentuk dari saripati tanah yang tertanam dalam rahim seorang ibu,yang pastinya terbentuk atas kehendak yang maha kuasa dari mulai segumpal daging sampai akhirnya manusia dilahirkan dengan tanpa dosa sekalipun.
Dari setelah lahir itulah manusia mencari jati dirinya,dari mulai interaksi di taman kanak-kanak sampai interaksi menjelang masa tua. Dari sanalah kelebihan dan kekurangan diri terbentuk.
Selain dari keturunan gen seperti bakat yang menurun dari orangtuanya atau kekurangan fisik dari sejak dalam kandungan,menurut gue interaksi sosial sangat berpengaruh pada terbentuknya kelebihan dan kekurangan seseorang,misalkan seorang anak yang dilatih untuk bermain piano sejak kecil,tentulah jika menjadi dewasa akan terlatih memainkan piano,namun mungkin karena dilatih sejak kecil bermain piano, anak itu jadi sulit belajar atau bergaul dengan teman-temannya dan bertindak tidak peduli.
Kekurangan dan kelebihan seseorang juga terbentuk dari lingkungan dan perilaku orangtua nya,misalkan seorang anak tinggal di sekitar pasar yang sekeliling nya banyak preman-preman pasar,tentunya jika orang tua bercerai dan tidak peduli dengan anak tersebut,jika dewasa nanti anak tersebut bisa menggantikan preman-preman pasar.
Masih banyak faktor-faktor lainnya yang dapat membentuk kekurangan dan kelebihan diri seseorang. bagaimanakah cara untuk mengatasinya?
Yang pertama pastikan kita MENDEKATKAN DIRI kepada Allah Yang Maha Esa. Mungkin dengan mendekatkan diri kepadanya, Allah bisa merubah jalan kita menjadi lebih baik. Seorang preman bisa saja meninggal dengan image seorang ustad yang terkenal, atau seorang penyandang cacat bisa menpunyai studio pemancar radio.
Yang kedua pastikan kita harus pilih-pilih dalam BERGAUL!. Misalkan anak yang juara kelas selama 4 tahun bisa menjadi pemakai narkoba ketika mulai bergaul dengan teman barunya di universitas. Biarkanlah orang lain menilai lw ‘kuper’ dan ’nggak gaul’ asalkan kita tidak terjerumus pada hal-hal yang terlarang.
Yang ketiga,setelah kita pilih-pilih teman,tanyakan pada mereka dan sahabat lw
“apasih kelebihan dan kekurangan gue?”. lw bisa membuat permainan kecil, caranya siapkan lembaran-lembaran kertas kecil sesuai dengan jumlah teman lw,begitu juga sebaliknya, teman lw menyiapkan lembaran-lembaran kertas kecil dengan pertanyaan yang sama”APA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GUE?”. Lw-pun bisa saling menilai satu sama lain.

“SESEORANG PASTI PINTAR MENILAI ORANG LAIN TETAPI BELUM TENTU PINTAR MENILAI DIRINYA SENDIRI”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar